0

Cirebon #1 Kulineran Tanpa Jeda!!

on April 19, 2018 in , , ,
Yeaaaayyy akhirnya jadi juga perjalanan ke Cirebon.
Buat saya ini adalah kali pertama saya nginjek tanah Cirebon. Orang Sunda kok belom pernah ke Cirebon?
Hahahah..iyah seriusann,,ini pertama kalinya saya kesini, jadi kayaknya pengen tau segala makanan yang jadi makanan khas Cirebon.Ada beberapa tempat yang kita datengin, kita bahas satu satu yah.

Empal Gentong Krucuk

Empal gentong ini sebenarnya bukan tujuan utama kami. Tetapi karena berhubung tempat tujuan kami itu tutup karena harinya libur, jadilah kita melipir ke Empal Gentong Krucuk. Kita pesen empal gentong masing-masing 1 porsi, sate ayam porsi makan tengah, sama kerupuk kulit. 


Empal gentong krucuk

bubuk cabe

sate sapi

Kerupuk kulit

Gimana rasanya? Makyoooss banget,,, potongan daging banyak ditambah kuah yang mengggoyang lidah, plus campuran cabe bubuk yang bikin keringat gembrobyos..Alhamdulillah. surprsingly, kerupuk kulit yang ada disini enak dan juga murah deh, mereka jual porsi kantong besar dan kantong kecil. Sate sapi yang kita makan juga empuk banget rasanya manis. Intinya kita gak nyesel makan disini. Harga per porsi kalau gak salah sekitar 30ribu. Cukup nyaman kan dikantong. Kenyang tapi gak bikin bolong.

Alamat Empal Gentong Kerucuk Jl Slamet Riyadi No 1 Telp 0819 4696 6264. 

Es Kopyor 4848



Puas makan-makan, rasanya gak afdol kalo kita gak nyari pencuci mulut. enaknya abis makan yang anget kita cari yang dingin-dingin. akhirnya kita ke tempat Es Kopyor 4848. Disini kita memang hanya bisa menikmati es kopyor saja, tapi percayalah dijamin puas banget deh nyeruput es kopyor disini. Bisa ditambahin sirup dan susu sesuka hati.

Sirop gula

Es Kopyor 4848


Mereka juga jual es sirop untuk dibawa pulang atau bisa juga sebagai oleh-oleh. Per porsi minuman es kopyor sekitar 30ribu, agak mahal tapi dibandingkan harga di Jakarta dan banyaknya kopyor yang ada didalam gelas jadinya cukup sebanding. dari bangunan yang ada kedai es kopyor ini sudah bertahan lama dan turun temurun.

Alamat Es Kopyor 4848 Jl. Sukalila Utara, Kejaksaan. 


Toko Pangestu


Toko ini sebenarnya adalah toko oleh-oleh khas Cirebon, tapi jenis oleh-olehnya sendiri sangat banyak sekali, dari baju, batik sampai berbagai jenis makanan.

Pusat Oleh-oleh Pangestu


Aneka kain Batik

cantik warnanya...
Baju anak-anak yang ditawarkan juga sangat terjangkau. Satu stel pakaian anak perempuan sekitar mulai dari 50ribu, bahkan juga sendal jepit motif batik anak-anak juga sangat terjangkau 15ribu rupiah saja. Selain makanan, ada juga berbagai jenis teh, seperti Teh Upet dan teh hitam dari berbagai merek. Ragam makanan dari kaeripik dan berbagai macam kerupuk juga tersedia. Disini juga menjual batik khas Cirebon yang sangat cantik.

Alamat Toko Pangestu ada di Jl Sukalila Selatan No 49, Cirebon.

Manisan Shinta

Toko ini menyediakab berbagai macam manisan, ada manisan mangga, manisan pala, manisan mangganya pun bermacam-macam bentuk dan potongannya, you name it lah, ada semua disini segala jenis manisan. Karena saya gak terlalu suka mainisan saya lebih tertarik sama keripik-keripikan.

suasana depan toko
Disini juga menjajakan berbagai houseware dan peralatan rumah tangga versi etnic dengan harga yang cukup affordable. Kalo gak inget barang bawaan rasanya udah kepingin borong deh pasti ibu-ibu mah...
Hahahhaha,,,

Oia jangan lupa Toko sinta ini ada penjual Tahu Gejrot yang harus dicobain kalo ke Cirebon. Gak ada namanya, tapi abangya selalu nangkring didepan toko dan selalu rame pembeli.

cabe yang menggoda
bisa dibungkus untuk dibawa pulang

sapa yang mau tahu gejrot ??

Alamat Toko Manisan Sinta Jl. Lemah wungkuk No 37, telepon 0231 206980.



Nasi Jamblang Bu Nur 

Nasi Jamblang ini sebenarnya mirip dengan nasi rames dimana nasi dengan lauk pauk yang bisa kita pilih sendiri. Yang spesial adalah nasi Jamblang ini berlaskan daun jati, jadi nasinya dipercaya bisa lebih pulen dan lebih enak. Lauknya sendiri sangat bervariasi, mungkin bisa ada lebih dari 30 lauk dan sayur khas tanah pasundan.

Nasi jamblang tanpa lauk...


Percayalah saya makan nasi jamblang lengkap dengan lauk pauknya. Jangan terpana sama gambar yang cuma mutih saja.
Hahahhaha...

Sayangnya saya kelupaan untuk foto lauk pauk yang ada, begitu lauk ada dipiring, langsung deh sikat habis!!
Hahahhahahah....

Oia kalau ke Cirebon jangan lupa cari, ketan gurih, ini dapetnya gak sengaja pas kita mau bawa pulang empal gentong, eh ada yang jual ketan bumbu ini. Ketan bumbu ini aslinya sudah gurih, tapi kalo lebih mau berasa kita bisa tambahin bumbu yang berupa bubuk, dicocol, nikmat banget. Lumayan buat ngemil selama dalam perjalanan.

Alamat Nasi Jamblang Bu Nur Jl. Cangkring II No. 34, Kejaksaan - Cirebon.


Ketan Gurih
Nah, udah deh selesai petualangan kuliner di kota Cirebon. Belum semuanya dicobain, tapi Alhamdulillah puas banget bisa cobain makanan daerah khas Cirebon yang banyak macamnya.
Dan yang bikin happy adalah makan di Cirebon masih tergolong murah dibandingkan makanan di Jakarta atau bahkan di Bandung sekalipun.

Kulineran tanpa risau sama dompet, sampe kenyang yah di Cirebon.
See you again Cirebon 👋.

 














0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 Adisesha Bercerita All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.